Juni 22, 2008

Pengertian Bahasa


Pada akhir-akhir ini makin dirasakan pentingnya fungsi bahasa sebagai alat komunikasi. Orang semakin menyadari bahwa interaksi dan segala macam kegiatan dalam masyarakat akan lumpuh tanpa bahasa.

Bahasa merupakan alat komunikasi. Tetapi, apakah semua alat komunikasi disebut bahasa?
Pak Polisi mengatur lalu lintas menggunakan isyarat gerakan tangan dan peluit. Adik-adik Pramuka menerima perintah dengan peluit atau bendera semapor. Kita melambaikan tangan sebagai lambang perpisahan. Dan kini sedang menjamurnya spanduk penerimaan siswa baru dan baliho pilkada sebagai alat komunikasi untuk menarik simpati.
Apa bahasa itu?

Menurut Dr. Gorys Keraf dalam bukunya Komposisi (1984), bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Jadi, berdasar pengertian ini, alat komunikasi seperti peluit, bendera, asap api, dan bunyi gendang bukanlah bahasa. Bahasa haruslah merupakan bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bukan sebarang bunyi. Dan bunyi itu sendiri haruslah merupakan simbol atau perlambang. Bahasa memberikan kemungkinan yang jauh lebih luas dan kompleks daripada yang dapat diperoleh dengan menggunakan media tadi.
Powered By Blogger